Sejak tahun 2002 UEM (United Evangelical Mission) telah melaksanakan program Pendidikan Pastoral Klinis atau yang lazim disebut CPE (Clinical Pastoral Education), baik program yang bersifat short course (yang disebut CPE Introductory selama  1-6 minggu) maupun yang bersifat penuh satu unit (satu quarter/unit lamanya 10 minggu),  yang dilaksanakan di Indonesia maupun melalui utusan yang  diutus ke luar negeri (Filipina). Maka puluhan alumni telah kembali ke gereja masing-masing untuk mengaplikasikan keterampilan pastoral yang telah dialami melalui CPE.

Untuk menjajaki perkembangan pelayanan pastoral melalui peserta yang telah mengikuti CPE ini, maka sejak tahun 2007 sudah terbentuk ikatan alumni CPE Indonesia yang kini disebut Persekutuan Alumni Clinical Pastoral Education Indonesia, disingkat PACPEI. Temu Alumni PACPEI tahun 2016 ini diadakan di Pelpem GKPS Pematangsiantar pada tanggal 5-6 Februari 2016 dan merupakan pertemuan alumni yang ke-4. Agenda utama temu alumni kali ini adalah: sharing pengalaman pelayanan pastoral, ceramah input, diskusi tentang harapan dan masa depan program CPE-UEM, program PACPEI tahun 2016-2018 dan pemilihan pengurus PACPEI 2016-2018.

Temu Alumni ini dihadiri  21 orang peserta dari berbagai gereja anggota UEM yang telah mengikuti program CPE. Semua peserta mensharingkan pengalaman (nostalgia) mengikuti CPE dan juga pengembangan pelayanan pastoral di jemaatnya masing-masing. Secara umum, semua peserta merasa sangat terbekali dengan program CPE untuk memberi semangat dalam pelayanan pastoral di jemaat maupun lembaga dimana peserta melayani.

Para peserta alumni juga mendapat input theory berupa ceramah Psikologi dari ibu Leila L. Fernandez-Distajo, seorang konselor dari Filipina dengan judul“Learning to Appreciate the Finer Points of Others”. Ceramah ini mau menggali tipe atau “social style” yang  dimiliki seseorang, apakah tipe “Asker” atau “Teller”, gaya“Task Oriented”atau“Relationship Oriented”, tipe “Analytical, Amiable, Driver atau Expresssive? Pengenalan akan tipe atau gaya bersosialisasi ini (social style) sangat menolong dalam berinteraksi dengan sesama sehingga akan tercipta sebuah relasi yang harmonis.

Diskusi tentang Harapan dan Masa Depan CPE Indonesia langsung dipandu oleh pengurus UEM yakni ibu Pdt. Sonia Parera-Hummel (Kepala Departemen Asia-UEM) dan bapak Pdt. Petrus Sugito (deputy Executive Scretary of Asia). UEM berharap bahwa spirit dan api semangat pelayanan pastoral melalui CPE masih terus membara dan tak akan kunjung padam. UEM berharap para peserta masih mengembangkan pelayanan pastoral di tempat pelayanan masing-masing. UEM masih terus mendukung untuk membekali para peserta CPE (alumni ataupun peserta baru) yang diutus oleh gereja masing-masing untuk mengikuti pelatihan CPE yang tetap diselenggarakan di Indonesia khususnya tahun 2016 di RS Mojowarno, Jawa Timur dan di STT Abdi Sabda Medan. UEM juga bersedia memfasilitasi  peserta yang mau terus lanjut mengembangkan keterampilan dalam ber-CPE teruta mau untuk menjadi Supervisor in CPE.

Pada pembahasan program, direncanakan pertemuan alumni akan diadakan setiap tahun, dan sosialisasi tentang CPE kepada Pimpinan-pimpinan Gereja akan terus dilakukan, dan juga program perkunjungan dan pelayanan ke jemaat khususnya ke daerah-derah bencana nasional.

Materi acara yang terakhir pada temu alumni ini adalah Pemilihan Pengurus Alumni PACPEI masa bakti 2016-2018. Pemilihan dilakukan secara aklamasi, dan yang terpilih menjadi pengurus adalah sebagai berikut:

Ketua                     :  Pdt. Nursini Sihombing, M.Th (GKPA)

Wakil Ketua         :  Pdt. Bahagia Tarigan, MA (GBKP)

Sekretaris             :  Pdt. Albert H. Purba, M.Th (GKPS)

WakilSekretaris  :  Pdt. Ramayanti Simorangkir, MA (HKI)

Bendahara           :  Pdt. Hotnida Siagian, S.Th (HKBP)

Koordinator khusus Papua: Pdt. Merry Apiem (GKI Tanah Papua)

Harapan pengurus yang baru ini kiranya para alumni tetap bersemangat untuk bersekutu, saling contact dan berkomunikasi untuk menjalin kebersamaan dan sharing untuk peningkatan pelayanan pastoral. Sayonara.

Pdt. Albert H. Purba, M.Th, Sekretaris PACPEI


Artikel Lainnya:

Category: Berita