PILIHAN ORANG MUDA

(Refleksi dari Partonggoan Remaja & Pemuda, Periodisasi Pengurus Pemuda GKPS Periode 2017-2020, Marsombuh Sihol Remaja & Pemuda GKPS Sa- GKPS Resort Sitalasari Bah Kapul i GKPS Bah Kapul, Minggu 5 Maret 2017)

 Kedua orangtua dari seorang anak laki-laki yang masih kecil merasa gelisah tentang masa depan anak mereka. Seorang temannya memberitahu agar mereka menguji anak itu. Mereka  menempatkan uang dua puluh ribuan rupiah di meja,  Alkitab dan juga botol w[pricing_table][/pricing_table]hisky. Lalu mereka bersembunyi dan melihat barang mana yang akan diambil oleh anak laki-laki  mereka

Jika dia mengambil uang itu, dia akan menjadi pengusaha. Jika dia mengambil Alkitab, dia akan menjadi pengkotbah. Jika dia mengambil whisky, dia akan menjadi seorang pemabuk.

 

Maka kedua orangtua itu melakukan seperti yang dikehendaki teman mereka dan segera bersembunyi sambil menunggu.  Tak lama kemudian, anak mereka pulang dan masuk ke dalam ruangan. Dia mengambil uang dan menaruhnya di dalam kantongnya. Dia mengambil Alkitab dan mengambil botol whisky lalu pergi ke luar. Ketika melihat hal itu, sang suami berpaling kepada istrinya dan berkata: ”Ya Ampun! Dia akan menjadi politikus” .  Itulah pilihan orang muda, siapa yang tahu dengan dengan mengambil ketiga bahan ujian itu, mau jadi apa anak muda itu? (Cerita bermakna-Frank Mihalic))

 

Bagaimana pilihan Remaja/Pemuda di GKPS Resort Sitalasari Bah Kapul?

Masa muda adalah masa yang paling indah dan penuh dengan cita-cita.

Remaja dan Pemuda perlu belajar dan membutuhkan banyak hal pada masa mudanya. Tetapi seringkali masa itu terkondisi menjadi  remaja/ pemuda ‘kapal selam’. Mereka muncul pada momen tertentu. Menjadi teman dan sahabat para remaja dan pemuda memang oke, tetapi dibutuhkan beranekaragam cara untuk menghadapi mereka.  Benar, harus ada  yang menjembatani sehingga julukan remaja dan pemuda kapal selam tidak terulang kembali. Belajar dari pengalaman dan minimnya kehadiran di tengah-tengah komunitas remaja dan pemuda dan mengingat jadual periodisasi pemuda tingkat Jemaat dan Resort di bulan Pebruari –Maret 2017, maka Pengurus Pemuda  Resort bekerjasama dengan Pimpinan Majelis Jemaat GKPS Sa-Resort Sitalasari Bah Kapul memutuskan tiga kegiatan yang berlangsung dalam satu moment.  Tiga kegiatan itu adalah partonggoan remaja dan pemuda, periodisasi dan marsombuh sihol. Seperti pepatah mengatakan sekali mendayung, satu dua pulau terlampaui, hal ini dapat terlaksana pada Minggu, 5 Maret 2017 dimulai dengan partonggoan remaja dan pemuda GKPS Sa-Resort Sitalasari Bah Kapul  yang seyogyanya dimulai pada pukul 15.00 WIB, tetapi karena hujan sangat deras turut mempengaruhi kehadiran remaja dan pemuda dari 4 jemaat sehingga partonggoannya dimulai pukul 16.30 WIB. Partonggoan remaja dan pemuda dipimpin oleh Pdt Flora Ervina Hutagaol, S.Th (Pdt Resort) sebagai paragenda, Anfri Yarni Sinaga, S.Pd dan Meyrina Sinaga sebagai (singer) dan Penginjil Supiana Saragih, S.Th sebagai (pengkotbah). Nas kotbah diambil dari Epesus 2:1-9, seperti Paulus yang  mengingatkan status orang-orang Epesus, demikian pula halnya dengan status  remaja dan pemuda adalah orang-orang yang telah ditebus Kristus. Tanggungjawab orang yang telah ditebus Kristus adalah berperilaku sebagai anak-anak terang karena keselamatan diperolehnya bukan karena kekuatan mereka, sehingga tidak ada alasan untuk menyombongkan diri dan tidak perduli akan masa muda melainkan hanyalah dengan iman percaya kepada Kristus Juruselamat dunia.

 

 

Seusai partonggoan remaja dan pemuda, diadakan laporan pertanggungjawaban pengurus pemuda GKPS Resort Sitalasari Bah Kapul periode 2014-2017, yang dihadiri oleh Jerry Purba (Wakil Ketua) dan Jonfri Sinaga (anggota), Unsur Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris berhalangan sedangkan Bendahara sudah merantau ke Jambi. Setelah seluruh anggota pemuda (anggota sidi) menerima laporan pertanggungjawaban pengurus pemuda periode 2014-2017, maka dilanjutkan dengan periodisasi pengurus pemuda GKPS Resort Sitalasari Bah Kapul periode 2017-2020.

 

Adapun nama-nama pengurus pemuda GKPS Resort Sitalasari Bah Kapul periode 2017-2020 adalah:

Ketua                                    : JAHDI SUNARDI SIPAYUNG, S.Pd                             (Bah Kapul)

Wakil Ketua                       : WALDY  RAVELSON SINAGA                                      (Exaudi Gurilla)

Sekretaris                           : YUNI ROSITA DEWI SARAGIH                                    (Exaudi Gurilla)

Wakil Sekretaris               : SERI KANTI SARAGIH, S.Pd                                         (Banuh Raya)

Bendahara                          : INTAN RAPITA BERUTU, AmKeb                              (Exaudi Gurilla)

Anggota                               : JHONFRI SINAGA                                                           (Bah Kapul)

: FANDES PUTRA GIRSANG                                           (Talun Kondot)

 

Pelantikannya diadakan pada Minggu, 12 Maret 2017 di GKPS Bah Kapul

 

Selesai pemilihan dan penyerahan galangan partonggoan remaja/pemuda oleh pengurus pemuda Resort kepada Ketua Pemuda GKPS Resort Sitalasari Bah Kapul periode 2017-2020, lampu padam. Hal itu tidak membuat para remaja dan pemuda surut, tetapi menjadi bagian dari sejarah periodisasi dan penyemangat kepada pengurus baru dengan mengingat semboyan RA. Kartini mengatakan:” Habis gelap terbitlah terang”. Kemudian dilanjutkan makan mie dengan doa dibawakan oleh St. Ir. Jaluden Purba (Bendahara Resort sekaligus Pembimbing Pemuda Resort).

 

Seusai makan mie pada pukul 20.00 WIB, dilanjutkan dengan acara marsombuh sihol di bawah teratak di lapangan GKPS Bah Kapul dengan iringan musik Frans Keyboard yang standby sejak pukul 17.00 WIB. Acara marsombuh sihol dibuka oleh Pdt Flora Ervina Hutagaol, S.Th (Pdt Resort) melalui kata pengantar (buha sahap) dan doa bahwa 3 kegiatan yang berlangsung pada Minggu 5 Maret adalah upaya bersama seluruh jemaat GKPS Sa-Resort Sitalasari Bah Kapul untuk mengikat tali persatuan dan kekeluargaan, dan bahwa mereka adalah satu keluarga di GKPS Resort Sitalasari Bah Kapul. Acara marsombuh sihol ini juga diharapkan memulai semangat baru kepemimpinan pengurus pemuda periode 2017-2020 merangkul remaja dan pemuda untuk bangkit dalam berbagai momen. Remaja dan pemuda bisa melihat gambaran cerita bermakna di atas, apakah sebenarnya pilihan dan kebutuhan mereka? Fokuskah mereka menjalani masa muda ini? Marsombuh sihol ini  menjadi wadah untuk melestarikan budaya Simalungun dengan acara manortor riap dan wadah mengembangkan potensi bernyanyi dengan baik dan menari bersama menuju masa depan yang penuh pengharapan. Acara marsombuh sihol berakhir pada pukul 23.00 Wib melalui doa penutup oleh Penginjil Supiana  Saragih, S.Th.

Pemuda GKPS Bangkit! Selamat RPL  Pemuda se-GKPS

Pdt Flora Ervina Hutagaol

 


Artikel Lainnya:

Category: Berita, Distrik 1