MINGGU PELAJAR RESORT TANGERANG

REVOLUSI MENTAL PENDIDIKAN DAN JIWA ENTERPRENEUR

 

img-20160821-wa0101Resort Tangerang kembali mengadakan Minggu Pelajar Tingkat Resort pada tanggal 14 Agutus 2016. Minggu Pelajar ini merupakan kelanjutan dari Minggu Pelajar Tingkat Jemaat, yang sudah dilaksanakan pada Bulan Mei 2016. Minggu Pelajar Kali ini telah berjalan dengan sukses, dengan jumlah peserta sekitar 400 orang. Minggu Pelajar kali ini mengusung Thema: REVOLUSI MENTAL Pendidikan: Menciptakan anak yang unggul dan berprestasi, dan REVOLUSI MENTAL BISNIS: Berani Menjadi Pengusaha.

Acara Minggu Pelajar dimulai dengan Kebaktian yang dipimpin oleh bapak Pdt. DR. Martin Lukito Sinaga, Mth. Dalam Khotbahnya bapak Pendeta ini memberikan pesan yang sangat bagus, yaitu bahwa pelajar harus berani tampil beda. Jika pada saat ini banyak pelajar yang sangat sibuk dengan gadjet, playstation, dan hura-hura, maka para pelajar yang mengejar keunggulan wajib belajar lebih keras untuk mencapai prestasi. “You must walk extra miles”, kata beliau.

img-20160821-wa0111Setelah kebaktian maka dilanjutkan dengan acara Seminar Minggu Pelajar yang dipandu oleh Sy. Sardiantorn Purba. Acara didahului dengan kata sambutan dari Ketua Badan Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia (BPK SDM) dan Wakil Ketua Pengurus Resort Tangerang. Dalam Sambutannya ketua BPK SDM, yaitu St. Sehat Damanik menyampaikan bahwa Resort Tangerang harus tetap menjadi pionir dalam peningkatan kualitas SDM. Proyek kita untuk menciptakan 100% sarjana berkualitas dan 10% dari mereka untuk menjadi pengusaha harus kita wujudkan. Oleh karena itu program Wajib Bimbel untuk kelas XII tetap dilaksanakan tahun ini. Jika tahun 2015-2016 baru 8 orang yang lulus PTN dari total yang ikut 18 orang, maka tahun ini akan kita upayakan agar semua anak jemaat kelas XII bisa lulus di PTN berkualitas. Sambutan berikutnya diberikan oleh Wakil Ketua Pengurus Resort, yaitu bapak St. Drs. Maruli Girsang, yang mengatakan agar kita saling mendukung untuk mewujudkan program BPK SDM ini. Pak Wakil ini menyampaikan bahwa kita sebagai satu-satunya jemaat di GKPS yang mempunyai BPK SDM, sehingga harus menjadi yang terdepan dalam peningkatkan kualitas SDM jemaat kita.

img-20160821-wa0129Setelah kata sambutan maka dilanjutkan dengan Seminar yang di pandu oleh St. Ir. Rijen Lamri Sinaga. Pembicara pertama Ir. Parulian Panggabean, yang merupakan Manajer Pelatihan dan Pengembangan SDM Bimbingan Belajar Ganesha Operation. Judul materi yang disampaian yaitu: GRAB YOUR VISION. Dalam pemaparannya beliau mengatakan kalau mau berhasil, semua harus dimulai dari Titah palimahan: yaitu Pasangapma namatorasmu ase martuah ko anjaha dokah ko manggoluh bani tanoh nabinerehon ni naibata hu bam. Dengan hormat kepada orang tua, maka semua rahasia keberhasilan berikutnya akan dibukakan oleh Tuhan bagimu. Beliau menambahkan, untuk menciptakan anak yang unggul dan berprestasi, makaharus ada kerjasama yang baik antara orang tua, anak itu sendiri, sekolah dan lembaga luar sekolah. Orang tua bertindak sebagai pendamping dan pengarah yang setiap saat harus menuntun anaknya untuk kembali fokus pada tujuannya. Tentu juga dengan membangun kedisiplinan, yaitu waktu belajar harus belajar, yang diatur sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. Agar anak tidak KUPER, maka dalam waktu seminggu, orang tua juga harus memberikan kebebasan kepada anak untuk menggeluti kesukaannya, misalnya bermain game, jalan-jalan, olah raga dan atau lainnya. Hal lain yang turut mendukung kemajuan anak tentulah sekolah yang baik, dan juga didukung oleh lembaga luar sekolah seperti kursus dan bimbingan belajar.

Setelah sesi pertama selesai maka dilanjutkan dengan makan siang. Sebelum sesi kedua dimulai, seorang pelajar putri yang bernama Anabella Tarigan menyanyikan dua lagu rohani. Acara Sesi Motivasi yang kedua dibawakan oleh Pdt. Sisye Mandagi, seorang gembala jemaag GPDI di Karawang, yang juga pengusaha yang memiliki Pabrik Plastik di Karawang, dengan jumlah pekerja sekitar 200 orang. Pembicara kedua ini menyampaikan trik-trik untuk menjadi pengusaha. Pertama, harus memelihara nama baik, yaitu nama yang tidak bercacat kepada pihak lain. Kedua, harus menguasai suatu yang akan dijadikan bisnis. Ketiga, harus menjadi berkat bagi orang lain. Diatas semua itu maka kita harus mengandalkan Tuhan dalam segala hal, karena hanya dengan bantuan Tuhan, berbagai permasalah bisnis bisa ditemukan jawabannya.

Setelah pembicara kedua selesai maka acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi pelajar yang berprestasi, yang berjumlah 74 pelajar dan mahasiswa. Penghargaan diberikan atas prestasi meraih Juara 1, 2 dan 3 di kelasnya, atau jika tidak juara tetapi memiliki rata-rata raport minimal 8,5. Jumlah pelajar Tingkat SD yang mendapat penghargaan sebanyak 46 orang, tingkat SMP 6 orang, tingkat SMA 9 orang, sertas Mahasiswa/i PTN dengan IPK di atas 3,0 sebanyak 9 orang. Acara penyerahan ini dibantu oleh St. Dolok Purba, Sy. Donal Simanjuntak, Sy. Jefri Kencana Purba dan inang Ester Sembiring. Akhirnya, acara ini ditutup dengan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir, dengan harapan semoga kedepan akan semakin banyak generasi GKPS yang unggu SDM dan jiwa enperpreneur-nya.

Tuhan memberkati.

Pengurus BPK-SDM GKPS Resort Tangerang.

 


Artikel Lainnya:

Category: Berita